Tuesday, April 16, 2013

Wordpress Diserang Peretas


BERITA ONLINEKU -- Situs blog Wordpress menjadi sasaran peretas Botnet yang menyerang puluhan ribu komputer individu sejak pekan lalu. Botnet menyerang pengguna Wordpress dengan username "admin", dan mencoba semua kata kunci yang mungkin cocok.

Serangan mulai dilakukan sepekan setelah Wordpress meningkatkan keamanan dengan pilihan dua langkah log-in. Situs tersebut telah dibaca 371 juta orang setiap bulan. Berdasarkan situs W3Techs, sekitar 17 persen situs dunia dibuatkan Wordpress.

"Jika anda masih menggunakan admin sebagai username untuk blog, ubahlah, dan gunakan passwod yang kuat," tulis pendiri Wordpress, Matt Mullenweg dalam blognya dilansir BBC.

Dia juga menyarankan adopsi dua langkah verifikasi yang termasuk penambahan nomor rahasia untuk memperkuat username dan password.

Kepala Eksekutif Coudflare, Matthew Prince mengatakan serangan tersebut kemungkinan untuk membangun Botnet yang lebih kuat. "Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam serangan ini adalah penyerang menggunakan Botnet di PC rumah untuk membangun Botnet yang lebih luas dalam serangan selanjutnya," ujarnya.

Botnet merupakan jaringan yang menyerang komputer rumah. Biasanya serangan ini dilakukan kelompok kriminal.

No comments:

Post a Comment